Enam Tahun Menggelandang, Kakek Haryono Ingin Pulang Ke Surabaya

Sosok kakek berpakaian kumal yang berada di seberang SPBU Trengguli ini bukanlah orang gila. Kakek berumur 60 tahun ini diketahui bernama Haryono, sudah 6 tahun menggelandang berjalan kaki hingga akhirnya lama menetap di sebuah emperan warung dekat SPBU Trengguli. Ia ingin sekali bisa pulang ke rumahnya yang beralamat di Kelurahan Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya.

Haryanto Aktivis Sosial KOHD berbincang-bincang dengan kakek Haryono

Hal itu diungkapkan oleh aktivis sosial Komunitas Omah Harapan Demak(KOHD) yang bernama Haryanto saat melakukan program rutin "Jumat berkah berbagi nasi". Haryanto yang penasaran dengan kakek tersebut, menemuinya kembali pada tanggal 22 Maret 2017 untuk diajak ngobrol. Haryanto  memastikan bahwa kakek yang berpenampilan kumuh itu bukanlah orang gila. Hal itu terbukti saat haryanto mengajak ngobrol, sang kakek bisa menjawab dengan lancar dan jelas.

Hasil obrolan tersebut diketahui bahwa kakek itu bernama Haryono, umur 60 tahun, sudah enam tahun menggelandang dengan berjalan kaki. Rumah beliau berada di Kelurahan Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya (RT RW beliau lupa). Memiliki 4 orang anak, yaitu Oktaviani, Yulianto, Tria Yulianti dan Deni,  yang pertama lahir pada tahun 1980. Haryono mengaku ingin pulang kembali ke rumahnya di Surabaya.

Dijembut Dinsos Dirawat di Panti Wreda

Mengetahui bahwa kakek haryono ingin pulang, Haryanto aktiivis KOHD menghubungi pihak-pihak yang mungkin bisa membantu kepulangannya dan mengunggahnya di media sosial berharap ada orang yang bisa membantu.

Tim Dinas Sosial Kabupaten Demak menemui kakek Haryono

Gayungpun bersambut, pihak Dinas Sosial Kabupaten Demak keesokan harinya menerjunkan tim yang terdiri dari staff Dinkes, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan relawan KOHD menemui kakek Haryono. Mereka memandikan kakek haryono, memberikan pakaian yang rapi dan merapikan rambutnya. Kemudian untuk sementara sebelum dipulangkan kakek haryono dirawat di panti Wreda yang dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Demak.

Diantar Ke Surabaya

Untuk kepulangan kakek Haryonk, beliau akan diantar ke Surabaya oleh tim dari Demak, sebab kondisi keluarga tidak memungkinkan untuk menjemput ke Demak. "Kami sudah ktmu kontak keluarga di surabaya. Karena keluarga beliau juga tidak punya insya Allah senin kami akan menghantarkan ke surabaya" kata Haryanto saat ditanya redaktur kabar14.com

Kakek Haryono dipakaikan baju baru oleh petugas dinkes Kabupaten Demak

Semoga kakek haryono bisa pulang ke keluarganya dan hidup bahagia bersama keluarganya.

Posting Komentar

0 Komentar