Karang Taruna Kecamatan Karanganyar Kembali Terbentuk Setelah Lama Mati Suri

Foto bareng peserta Temu Karya karang taruna kecamatan Karanganyar kabupaten Demak
Setelah hampir satu periode kepengurusan tidak jalan, Forum Komunikasi Karang Taruna kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak kini terbentuk lagi. Pembentukan tersebut ditandai dengan terpilihnya ketua baru dalam acara Temu Karya Karang Taruna yang diselenggarakan pada hari Ahad (23/9) di aula kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.

Berkat inisiasi Abdullah dari desa Jatirejo dan tim sembilan yang prihatin dengan vakumnya kegiatan karang taruna di level kecamatan karanganyar, diselenggarakanlah acara Temu Karya Karang Taruna. Acara ini mengundang pengurus Karang Taruna Kabupaten Demak, pihak kecamatan dan perwakilan karang taruna dari setiap desa di kecamatan Karanganyar masing-masing sebanyak 4 orang.

Temu karya ini menghasilkan dua keputusan, yaitu: menetapkan Ketua tim formatur karang taruna kecamatan Karanganyar periode 2018-2023 dan memberi waktu selama 7 hari kerja kepada ketua terpilih & tim untuk menyusun kepengurusan Forum Komunikasi Karang Taruna Kecamatan Karangnyar.

Ketua terpilih dalam acara ini adalah Saudara Amin Saifudin SE dari desa Ketanjung dan berdomisili di desa Karanganyar. Amin yang hobby memelihara burung love bird ini memiliki kesibukan kerja sebagai pendamping program PKH. Hal ini membuat Amin memiliki pengalaman dalam komunikasi dengan pihak kecamatan maupun kerja di lapangan berhadapan dengan masyarakat. Dengan pengalamannya tersebut diharapkan Amin mampu memimpin Forum Komunikasi Karang Taruna kecamatan Karanganyar dengan baik.

Amin Saifudin SE ketua terpilih Forum Komunikasi Karangtaruna Kecamatan Karanganyar periode 2018-2023

Karang Taruna Adalah Organisasi Sosial

Kang Zaenal panggilan Zaenal Mubaroq ketua Karang Taruna Kabupaten, dalam sambutannya menegaskan kembali bahwa Karang Taruna adalah Organisasi Sosial di bawah kordinasi dinas sosial di kabupaten dan Seksi Kesra di kecamatan. Oleh karena itu diharapkan fokus bidang garapan karang taruna adalah kegiatan sosial dan pemberdayaan.

Dalam sela-sela acara Kang Zaenal kepada redaksi mengkritis pihak-pihak yang ingin memanfaatkan karang taruna untuk cari-cari proyek, cari duit. Kalau ingin dapat dana pengurus ya melakukan kegiatan pemberdayaan, untuk mendapatkan dana dengan cara berkarya, misalnya menawarkan pada pihak desa membantu penarikan/proses pembayaran PBB. Dana anggaran dari pemerintah tidak banyak dan itu sifatnya hanya stimulan.

Senada dengan Kang Zaenal, Kasi Kesra kecamatan Karanganyar Bapak Soeharto SE memberi sambutan gembira atas terbentuknya karangtaruna yang baru, dia berjanji akan membantu dalam kegiatan pemberdayaan misalnya dia punya kenalan masyarakat yang memilik halaman kosong di pinggir jalan bisa digunakan untuk buka usaha semisal angkringan. Untuk anggaran dari kecamatan terus terang tahun ini tidak ada mengingat banyak anggaran yang tersedot untuk kegiatan bantuan sosial bagi korban bencana kebakaran dan kekeringan.

Amin Saifudin sebagai kader pendamping program PKH tentu saja tidak asing dengan program sosial dan pemberdayaan masyarakat, mudah-mudahan apa yang diharapkan kang Zaenal dan Bapak Soeharto dari Kasi Kesra bisa dilaksanakan dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar