MENTERI PDTT BERENCANA AKAN FASILITASI PENGURUS BUMDES DEMAK BELAJAR KE LUAR NEGERI



Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja ke Demak dan melakukan dialog dengan Bupati Demak dan Sekjen Forum BUMDes Indonesia dengan tema "Dialog Sinergi Membangun Bangsa Pembangunan Ekonomi Desa Mandiri" diPendopo Kabupaten Demak, Kamis (8/8).

KABAR14-(Demak) Eko Putro mengatakan, dana desa tidak boleh digunakan untuk infrastruktur terus karena membuat akan sulit berkembang, selain itu Ia menyatakan akan terus mengawal penggunaan dana desa karena desa perlu bimbingan.

"Untuk itu, kepada Bupati dan jajarannya agar terus memantau penggunaan dana desa supaya tepat sasaran," himbaunya pada Bupati Demak dalam acara tersebut.

Dana desa, lanjut Eko Putro, bila digunakan untuk membantu BUMDes bisa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa yang pada akhirnya dapat digunakan untuk membangun infrastruktur.

Sementara Bupati Demak HM Natsir menyatakan bahwa Pemkab sudah membuat Perbup untuk pengalokasian dana desa supaya lebih terarah penggunaanya dan tepat sasaran.

Untuk program desa mandiri, ia juga akan terus memicu dan mengkontrol sebagai salah satu program pemerintah yang harus di jalankan. Dengan bantuan dari pemerintah pusat melalui kementerian akan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

 

 :
Mentri Desa Berswafoto Bersama Para Kades Kab Demak



“Saat ini pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Demak sudah mencapai 96 %. Selanjutnya kami akan memprioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat dan sumber daya manusia (SDM),” ucap Natsir.

Sementara Sekjen Forum BUMDes Indonesia, Rudi Suryanto menyampaikan, untuk membangun kemandirian desa perlu adanya kerja bersama dengan asas swakarsa, swadaya, swasembada serta kemandirian sosial dan lingkungan.

Selain itu, untuk menambah ilmu dan pengembangan Sumber Daya Manusia, Ia juga memberikan kesempatan kepada empat pengurus (BUMDes) di wilayah Kabupaten Demak untuk belajar ke luar Negeri. (Editor : NSN)

Posting Komentar

0 Komentar