Terpilih Sebagai Direktur LBH, Haryanto Akan Perkuat Paralegal



Secara aklamasi Haryanto, SH, terpilih sebagai Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Demak Raya Periode 2020-2023, Selasa (18/02/2020), menggantikan Misbakhul Munir yang sudah habis masa jabatannya.

Kabar14 (Demak) Sebagai mana diketahui bersama bahwa LBH Demak Raya merupakan sebuah lembaga bantuan hukum yang telah banyak dikenal masyarakat di Kabupaten Demak, sebagai lembaga bantuan hukum yang telah malang melintang pada garda terdepan membela kaum marginal yang tertindas secara struktural.

Ahmad Zaini, Ketua Panitia Pemilihan Direktur LBH Demak Raya setelah acara pemilihan yang berlangsung secara konsensus, menyampaikan bahwà  hanya terdapat satu calon hingga penutupan pendaftaran pada 1 Februari 2020.

Mereka yang menjadi peserta konsensus adalah pemegang hak suara di lingkungan LBH Demak Raya.

“Seluruh peserta konsensus sepakat memilih Haryanto dengan demikian, yang bersangkutan terpilih sebagai direktur yang baru.

Dalam sambutanya setelah terpilih menjadi direktur LBH Demak Raya yang baru Haryanto berharap agar dimasa kepemimpinannya  dapat membangun LBH sehingga terus jaya.

"Semoga kita bisa bekerja maksimal dan menghasilkan sesuatu yang dicita-citakan selama ini," ucapnya.

Mantan Presiden Fakultas Hukum Unissula Semarang yang saat ini lagi proses Thesis di pendidikan pasca sarjana Magister Ilmu Hukum Universitas Semarang itupun berkomitmen menjalankan roda organisasi ke depan sesuai visi misi LBH, yakni membantu masyarakat miskin tanpa memandang suku, agama, ras dan latar belakang politik secara cuma cuma.

Kantor LBH Demak Raya


Pihaknya juga menyatakan, akan memperkuat paralegal, dimana strategi yang akan dipakai, adalah penguatan nilai-nilai LBH di masyarakat.

Misal, memahamkan nilai-nilai LBH terhadap organisasi bantuan hukum (OBH). Sebab, mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Disamping itu juga dirinya juga akan menjalin kerjasama dan membentuk kekuatan bersama dengan organisasi rakyat, jaringan dan jejaring.

Harapannya, LBH Demak Raya tetap pada relnya untuk terus mendobrak ketidak adilan struktural dan struktur yang timpang utamanya di Kabupaten Demak.

Sementara itu, Misbakhul Munir Direktur Demisioner berharap dibawah kepemimpinan Haryanto LBH Demak Raya bisa terus menggelorakan bantuan hukum struktural dan secara cuma cuma, sebab menurutnya seharusnya  LBH melihat persoalan hukum itu bukan hanya dari satu aspek, namun juga mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, politik, budaya, dan lain-lain.

Menurutnya LBH Demak Raya sebagai pembela rakyat miskin dari tahun ke tahun mengalami perjuangan yang berat. Iapun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mendampinginya selama memimpin LBH Demak Raya.

“Saya juga memohon maaf atas segala kekurangan dalam memimpin LBH Demak Raya selama tiga tahun terakhir. Semoga LBH tetap menjadi rumah bersama dan sekali selamat dan sukses kepada Haryanto,"ucapnya

Sementara itu menurut MH.Ilyas ketua DPC Ikatan advokat Indonesia Kab Demak mengapresiasi dinamika yang ada di internal LBH Demak Raya, dimana saat lembaga lembaga yang lain saling berebut kekuasaan dalam memimpin sebuah organisasi, LBH Demak Raya justru mengajarkan pentingnya regenerasi.

"Sekali lagi kami ucapkan selamat dan sukses kepada direktur yang terpilih selamat mengemban amanat, dan semoga LBH Demak Raya semakin jaya dan selalu menjadi rujukan para pencari keadilan di Kabupaten Demak ini,"pungkasnya. (NSN)

Posting Komentar

0 Komentar