177 RUMAH DI MRANGGEN DEMAK DITERJANG PUTING BELIUNG



Hujan deras yang disertai angin puting beliung mendera desa Karangsono, Kec Mranggen Kab Demak hingga mengakibatkan kerusakan rumah warga, pohon tumbang serta kerusakan jaringan PLN, Rabu (23/2/21)


KABAR14 (Demak) Kejadian yang terjadi pada siang hari sekitar pukul 14.00 wib tersebut menimbulkan kerugian material dan inmaterial, seperti yang diungkapkan Santoso (49th) yang mengalami luka serius saat melintas di Desa Karangsono, dikarenakan terkena pohon tumbang.

"Saya mengalami luka robek dikepala selanjang 20 cm, dengan dalam 0,5 cm, dimana kejadiannya cepat sekali saat saya sedang melintas di desa Karangsono. Ini alhamdulilah sudah boleh pulang (rawat jalan -red) oleh Puskesmas Mranggen," ucap Santoso warga Ds Kuripan Rt. Rw. kec Karangawen.Kab Demak. 

Menurut data yang diperoleh dari Polsek Mranggen, jumlah warga yg mengalami kerusakan rumah sebanyak 177 rumah/kk, sehingga warga harus di evakuasi dan menempati posko PPKM Mikro di desa Karangsono.

Merespon kejadian tersebut, Polsek Mranggen, dipimpin oleh Kapolsek Mranggen AKP M Sigit Hadi K, SE dan anggota BPBD serta relawan Angkling Kusumo saling bersinergi dengan mendatangi TKP dan membantu evakuasi.

Kapolsek menyampaikan bahwa pihaknya langsung menerjunkan personel, membantu membersihakan puing2 reruntuhan, mengevakuasi warga dan melakukan pendataan, dimana untuk sementara warga yang rumahnya rusak, akan di ungsikan sementara.


"Ada beberapa yang kita evakuasi ke balai desa juga, 7 KK  atau 18 jiwa. Besok pagi kita kembali lakukan upaya pembersihan serta perbaikan yang masih memungkinkan di perbaiki. Untuk kerugian material kita perkirakan mencapai puluhan juta," terang Kapolsek


Ia juga menyampaikan bahwa hasil kesepakatan sementara dari koordinasi lintas sektor adalah dengan menyiapkan dapur umum di halaman Balai Desa Karangsono, menyiapkan tenaga medis, serta mempersiapkan kerja bakti membangun rumah warga yang rusak berat. 

"Untuk Warga yang alami rumah rusak dan sakit di siapkan posko PPKM Desa Karangsono," ucapnya.

Adapun saat berita diunggah, TNI Polri, pemdes dan insatansi lain (BPBD Kab  Demak, BPBD Angkling Kusumo, PMI & DKK Kab Demak) siaga di Desa Karangsono. (NSN)


Posting Komentar

0 Komentar