Rumah Ramadhan, Cara Komunitas Dolaget Ajak Masyarakat Ngabuburit Menyenangkan Dengan Dolanan Tradisional


Komunitas Dolanan Lali Gadget Kab Demak pada bulan Ramadhan 1443 H mengajak masyarakat Demak untuk ngabuburit di Rumah Ramadhan dengan menyuguhkan berbagai macam kegiatan yang inspiratif.

Kabar14 (Demak) - Rumah Ramadhan merupakan kegiatan dari Komunitas Dolaget, yang dimulai dari tanggal 6 - 16 April 2022 dengan menghadirkan sosok - sosok inspiratif gelaran podcast, sajian live musik, permainan tradisioal, berbagi bersama hingga buka bersama yang berada di Kopi Pelangi Demak.

Podcast bersama seniman tari Tampan Rama

Ketua Panitia Rumah Ramadhan, Ari Sentani, menyampaokan bahwa pada hari pertama Rumah Ramadhan menyajikan podcast dengan menghadirkan Tampan Rama, seniman tari dari sanggar Karnelis Budaya Demak, serta mengajak peserta ngabuburit membuat mainan tradisional dari pelepah pisang.

"Dari Tampan Rama kita berharap masyarakat mengenal dan terinspirasi untuk mencintai dan mengembangkan seni tari tradisional. Sementara dengan plepah pisang kita ingin kembali mengembalikan ingatan bahwa mainan yang menyenangkan bisa didapat dari sekitar kita," ucapnya.

Sementara itu Tampan Rama, sangat mengapresiasi acara Rumah Ramadhan Dolaget, Ia berharap melalui acara ini masyarakat dapat kembali menghargai kekayaan budaya terutama tari tradisional.


Berkreasi dengan pelepah pisang

"Pelestarian budaya terutama budaya Jawa harus kita lestarikan dan harus kita kembangkan. Kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi? Mari bersama komunitas Dolaget kita rawat dan lestarikan budaya kita," pungkasnya.

Rumah Ramadhan Dolaget bertempay di Kopi Pelangi Demak, mulai pukul 16.00 sampai selesai, dan terbuka untuk umum.

( *Editor : Vee Woimbon)



Posting Komentar

0 Komentar