Selenggarakan Pelatihan Karawitan, Bupati Demak : Jangan Sampai Kehilangan Identitas

 






KABAR14JATENG (Demak) -  Sebagai upaya untuk menanamkan kecintaan pada budaya leluhur dan nguri - uri tradisi Jawa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak menyelenggarakan pelatihan karawitan dan sastra Jawa bagi masyarakat, di Kelurahan Kadilangu, Demak, Selasa (28/11).


"Pelatihan ini sengaja ditujukan pada masyarakat, dalam hal ini masyarakat Kadilangu. Alhamdililah, antusiasnya tinggi ada sekitar 50 orang," ucap Kepala Dindikbud, Harris Wahyudi Ridwan, saat memberikan sambutan.


Ia berharap agar masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat mengenalkan karawitan dan sastra Jawa kepada sekitarnya dan menularkan kecintaan terhadap budaya leluhur yang dimiliki.


"Kami berharap setelah mereka kenal,  bisa cinta pada karawitan dan tradisi Jawa, serta tetap menjaga keberlangsungannya," ucap Harris.


Sementara itu Bupati Demak, dr. Eisti'anah menyampaikan bahwa jika pengenalan terhadap Sastra Jawa dan karawitan tidak dimulai dari sekarang dikawatirkan akan tergerus perkembangan jaman.


"Kalau tidak kita mulai dari sekarang, mau kapan lagi? Karena takutnya, dengan perkembangan zaman dan pengaruh teknologi, kebudayaan kita bisa hilang. Jangan sampai identotas kita ini hilang," ucap Bupati.


Ia mengajak peserta bisa menjadi agen perubahan, membawa identitas bangsa ke masa depan. Ia juga menghimbau agar yang sudah mahir dapat unjuk kebolehan acara - acara yang diselenggarakan instansi atau organisasi perangkat daerah (OPD).


"Ke depan, kata dia, para peserta yang sudah mahir bermain karawitan akan ditampilkan pada pentas seni atau kegiatan yang diselenggaran sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD)," pungkas Bupati.



Posting Komentar

0 Komentar